oke

Saturday 24 September 2016

tips memancing kakap putih atau cukil

CUKIL,KAKAP PUTIH = BARAMUDI,,,,,kiriman dari ; bilrain napitulu

Oleh Pendi Vidia pada 30 Juli 2015 pukul 19:00 (mancing mania surabaya)
"CUKIL, KAKAP PUTIH atau BARAMUNDI"
Banyaknya postingan tentang cukil akhir ini di group MMS yang tercinta ini maka saya coba bahas tentang ikan yang satu ini.
Saya sebut saja namanya Cukil, ya cukil si raja ikan di muara, dan pembahasan di wilayah surabaya dan sekitarnya saja, karena ada
istilah "lain lubuk, lain ikannya" jadi saya coba bahas tentang cukil di surabaya saja.
Cukil di muara surabaya gampang2 susah untuk mendapatkannya karena perlu teknik untuk mendapatkan si raja muara ini, apa lagi yang namanya babon cukil sangat sulit untuk mendapatkannya, dan berikut yang saya tau tentang cukil Surabaya.
1. Musim Cukil
Banyak orang mengatakan musim cukil itu antara bulan Juli dan Agustus, tapi saya berkata lain krn bagi saya tiap memancing adalah musim cukil, jadi bagi saya tak berlaku yang namanya musim cukil, karena teknik lah yang harus digunakan.
2. Tempat atau manggon cukil
Ini adalah yang utama, biasanya cukil selalu ngetem atau manggon dirumpon (pohon tumbang), karang, bambu atau patok2 yg ada di muara atau di akar2 pohon bakau, jadi jangan harap anda mendapatkan cukil di tengah2 muara yang tak ada salah satu dari yang saya sebut di atas, karena cukil adalah ikan pemalas, dia akan selalu menunggu mangsa jadi bukan mencari mangsa, maka dari itu kitalah yang mencari dia atau mengejar bola istilah politiknya.
3. Leader atau senar rangkaian
Teknik dasaran atau pake timbel atau ngoncer wajib pake leader, mengapa kita tidak mendapatkan cukil salah satunya adalah leader kita, karena leader kita tidak menggunakan FLUORO CARBO, leader fluoro karbon ini tidak kelihatan di dalam air, beda sama leader2 lainnya yang kelihatan di dalam air, cukil tidak mau makan umpan kita karena leader kita kelihatan oleh cukil si pemalas itu, jadi jangan heran mengapa teman kita dapat sementara kita boncos padahal satu spot ya mungkin leader kita salah...
4. Kondisi cuaca dan kondisi air sungai
Angin kencang dan ombak muara besar maka cukil akan malas untuk memangsa umpan kita, angin nya bagus dan ombaknya apik tapi airnya dingin ( tak seperti air normal) maka si cukil pemalas itu gak bakalan makan umpan kita.
Jadi kondisi yg paling bagus adalah hembusan angunnya sedang maka ombaknya sedang dan airnya sedikit hangat serta arusnya agak kencang, cukil pemalas akan jadi buas sampai merusak segala piranti pancingan kita.
5. Waktu atau jam nya cukil
Biasanya cukil itu makan pagi antara jam 2 samapai jam 3 subuh dan bisa sampai jam 8 pagi kalau cuaca dan kondisi sungai bagus, kalau siang antara jam 1 siang dan kalau sore biasanya jam 3 sampai jam 5 sore.
6. Umpan
Umpan kesukaan cukil adalah udang hidup, mujair, belanak, dan makanan paforitnnya adalah udang panami. Semua umpan dalam kondisi hidup.
7. Suasana
Cukil todak suka dengan suasana yang berisik, sekali lagi saya bilang cukil adalah ikan pemalas jadi gak suka ama suara langkah anda di pinggir muara atau pun diatas perahu, jadi usahaka jangan berisik apa lago bunyi perahu gedebak gedebuk suara langkah kita.
8. Teknik casting
Untik muara surabaya agak susah untuk cating karena airnya yang kurang bening, kalaupun casting cobalah pake minnow yang agak panjang (kurang lebih 12 cm) dan agak menekuk, dan lidah minnownya sekitar 6 cm biar minnonya bisa lebih dalam.
9. Mata kail
Pakailah ukuran mata kail 10, tapi kalau saya biasanya pake jangkar ukuran sedang.
Mengapa pake jangkar karena saya pengalaman pake kail biasa itu umpan dan kail saya dimuntahkan lagi, jadi saya selalu pakai jangkar sekarang, ingat jangan sekali2 pake jangkar perahu apalagi jangkar kapal gede, maksidnya disini adalah jangkar pancing.
10. Berdoa
Berdoalah sebelum memancing karen semua itu adalah ciptaan Tuhan, jadi jangan harap kita mendapatkan ikan kalau Tuhan tidak mengijinkan, meskipun semua kondisi diatas sudah sesuai harapan tapi kalau Tuhan tidak mengijinkan maka kita akan boncosss atau zonkkkk.
11. Lingkungan
Jagalah lingkungan dimana kita memancing jangan buang sampah sembarangan dan tetaplah rendah hati karena dengan menjaga lingkungan maka ikan akan semakin bertambah banya sehingga kita pun wuapikkk mancing e.
12. Tambahan
Mungkin teman2 atau master2 bisa menambahkannya monggo dan silahkan karena kita disini saudara yg saling berbagi, soal e otak dan tangan ku wes pegel...
Sekian dari saya pemancing pemula
Salam MMS dan semoga bermanfaat....

sekian dan terimakasih yaa ,jika ingin bertanya isi di komentar aja .pasti saya jawab. tips lainya klik disini