oke

Sunday 25 September 2016

Aneka jenis umpan ikan sungai

Aneka jenis umpan ikan sungai

UMPAN IKAN BELES
-Umpan ndas lele. Siapkan ndas(kepala) lele goreng. untuk lebih mudah mendapatkannya bisa nempil di warung pecel lele terdekat. siapkan pancing ombyok dengan kail ukuran 3 sampai 5 ditambah 1 senar penuntun kira" sejengkal panjangnya dengan kail ukuran besar(9 sampai10) untuk menahan lele agar tidak mudah lepas(teknik bandol).
-Umpan udang. Siapkan udang(sungai) hidup ukuran sak jenthek(kecil-kecil). siapkan kali ukuran 2 sampai 4 (2buah) dipasang atas bawah jarak 3 sampai 5cm. kail 1 untuk dipasang dikepala udang, kali ke 2 untuk bagian ekor. knapa? untuk mengantisipasi sambaran ikan.
-Umpan bakwan/mendoan. Siapkan pancing ombyok ukuran 3 sampai 5. cara memasang tinggal ditancap-tancapkan di daging bakwan :P
Umpan belanak terkadang juga mau nothol
-Umpan jeroan ayam busuk
. Usus yg baru d keluarkan dari perut ayam langsung d potong2.kira 1-2cm.dimasukkan dlm botol plasik.d tutup rapat. tunggu sampai busuk 2 sampai 3hari. cara pasang. kail d masukkan dalam lubang usus d dorong pakai lidi...jd tangan tidak menyentuh umpan.....soala ambune juosssss
-Umpan TA1. Persiapkan limbah makanan tubuh, setelah dikeluarkan dan ditiriskan selagi masih hangat campur dengan BR dan TG(telek gemak). aduk/remas" sampai pulen. umpan siap dihidangkan. Usahakan ngebom umpan dulu biar ikan ngumpul
-Umpan laron. ukuran kail disesuaikan ukuran laron. . .
-Umpan yuyu. Siapkan yuyu baik yang keras/ gembur lebih baik. pancing ombyok ukuran kail 2 sampai 5 . .cara memasang potong kaki-kaki yuyu, congkel bagian atas(tothok atas yuyu). potong setengah gunting disisi-sisi bathok yuyu sesuai jumlah senar kail utk disisipi senar kail agar yuyu agar tidak lepas. tancapkan kail di daging-daging yuyu. (teknik bandol)
-Umpan buatan. Bahan gethuk tempe godong 10 bukan tempe bosok lo, tape 1 ons, masako rasa ayam, vanili, roti klik tempe dan klik di haluskan sampai lembut campur tape amblil air secukupnya larutkan masako dan vanili campur dengan bahan aduk sampai kalis taruh di taperwer simpan dalam lemari pendingin pengen uncal kantun beto pancing ombyok tutup botol selamat mencoba
UMPAN IKAN MELEM/NELEM
Untk memancing ikan jenis ini kita memerlukan umpan yang relatif kecil dan pancingnya pun kecil juga yaitu ukuran no 0,5 -no 2,dan dengan kenur yang kecil tapi kuat sekitar ukuran 0,15 - 0,18mm.Ok langsung aja ke umpan,
-Umpan lumut halus, lumut padas, dll
-Umpan cacing sawah
-Umpan biskuit klik (kue kering). Kue kering (crackers) merk KLIK , remas-remas kue tersebut hingga lembut lalu dicampur dengan air.
-Umpan adonan
  • 4 bungkus Kue kering ( kreckers ) @Rp 500
  • Frambos
  • 1butir telor
Kue kering (crackers) merk KLIK Produksi Khong Guan, remas-remas kue tersebut hingga lembut lalu dicampur dengan kuning telor, dan tambahkan sedikit Frambos(pewangi kue), campur hingga rata dan menjadi seperti adonan kue dan siap di gunakan.
*teknik memancing
ikan cenderung mliper(menyusuri pinggir sungai yang dalam). Sama seperti halnya nila cara mengumpulkan ikan dengan cara di bom lumut.
UMPAN IKAN WADER
-Umpan biskuit klik. cara pembuatan biskuit klik dihaluskan campur air hangat secukupnya usahakan jangan sampai cuer(kakean banyu) dan akas(kurang banyu). bisa ditambah kuningan telur. remas sampai terbentuk adonan. bisa ditambahkan kuning telur ataupun air bawang
-Cacing merah
-kroto,
-laron,
-set sukun/belimbing/mundu dll dan jenis serangga lain
mata kail ukuran 0,5 sampai 0,8. Teknik ngambang(kambangan lembut ben mblesek ra kabotan kambangan). lebih mudah memakai joran tegek(lentur)
UMPAN IKAN SIDAT
ikan jenis ini cenderung beraktivitas dimalam hari. saat air keruh terkadang mau makan disaat pagi, siang maupun sore.
-Umpan cacing unthel dan gendon. pakai kail ukuran 7 sampai 10besar. masukan kail dari ujung kepala cacing sampai ke ekor(diturut tekan pentok) jangan sampe nglewer ndak dipangan pucuk e thok. begitu juga dengan gendon.
-Umpan belut. belut di tumbuk(digepok) sampai tulangnya remuk. potong seukuran kail.
-Umpan kelabang. kelabang dipotong tiap ujungnya... dipasang sama seperti cacing , ukuran minim 12,kekecilan gampang melorot
-Umpan percil. alangkah baiknya percil dalam keadaan hidup.cara memasang mirip wong "ndondomi"...kedua kaki belakang ditusuk pancing+kaki depan 1...yang 1 dibiarkan bergerak bebas.(di maksudkan agar umpan dapat bergerak untuk mengecoh pemangsa).truss kaki belakang ditali biar ngga lepas. . resiko pakai umpan precil kadang dimakan ular
-Umpan emprit bakar
UMPAN IKAN NILA
ikan jenis ini cenderung berkoloni(bergerombol). jadi usahakan dibom umpan dulu biar mau ngumpul dan mudah dipancing.
-Umpan lumut. ada berbagai macam jenis lumut baik lumut halus, lumut kasar maupun lumut hitam.(teknik ngambang)
-Umpan cacing. biasanya cacing merah
Ukuran kail dibawah 5. untuk lumut alangkah baiknya 2 kail atas bawah.
UMPAN IKAN KEPEK
-Umpan lumut
-Umpan uler padas. biasanya terdapat di lapisan tanah atas dam
-Umpan set sukun, belimbing dll
UMPAN IKAN PREDATOR DIMUARA/SUANGAN
-Umpan udang hidup
-Umpan tombro/nila kecil-kecil
bisa menggunakan teknik mbandol usahakan penuntun lebih panjang -/+ 30cm dimaksudkan umpan hidup dapat bergerak bebas untuk mengecoh sang ikan.
teknik ngambang penuntun lebih panjang lagi tergantung kedalaman muara. utk suangan depok 2m bahkan lebih panjang lagi. target pethek, mangar, sasak, palung, kakap batu(bekukon), dll.
UMPAN IKAN BELANAK
Gandum 1/2kg, bawang 2 siung, tumbar, gula 1 sdk teh, garam 2 sdk mkn, essen durian 1-2 sdk mkn, blueband 100gram.
Semua bahan dicampur air 200cc-250cc...dikukus 30 - 40 menit. Setelah matang diangin2kan, kalo sudah nggak panas lalu dicampur minyak samin 100 gram . Jangan tunggu sampai umpan dingin diulet" sampe pulen...
Ombyok....satu ombyok pake 6 mata pancing. Pancing merk Carbon biru nomer 7 - 8 atau pake Maguro Pinhook nomer 5.#Tekhnik_uncal...Lempar umpan konsisten di satu titik...jarak lemparan dari pinggir 30 - 40 % dari lebar sungai. Usahakan lempar 3 sampai 4 kali...(di bom).
Usahakan pake joran yg lentur (tegek kolong). Supaya ikan nggak gampang lepas. Panjang joran 180, 210, 240, 270 sesuai selera. Pake 4 - 6 joran...#Bandul /
Pake yg berbobot 25 gram...jika arus agak deras pakai yg 35 gram...jgn lebih dari itu krn kurang peka kalo umpan dimakan ikan.. Untuk senar pakai ukuran 0.18 - 0.22. Kalau terlalu besar akan hanyut kena arus dan senar nggak bisa kenceng sewaktu dipanjer...berakibat mengurangi kepekaan.
#Spot
Belanak cenderung mau makan jika airnya bening, tapi jika kondisi air agak keruh, usahakan lempar umpan di spot yg tidak terlalu dalam dan usahakan aroma umpan dibikin agak "kenceng"...krn aroma umpan akan tersamar dgn aroma lumpur..
alternatif lain
-terigu 1 kg-garam 1 kotak-masako 4 bungkus-micin 1 sendok mkn-bawang ptih 2 siung-kemiri 2 buah .-vanili 2 bgks-esen pisang/durian 10 ml-minyak goreng / mentega 40 ml-air panas 600 ml.
Umpan Bebas puntung rokok jadi kita bisa puas merokok sambil memancing
Ilmu'nya di kondisi air pada sa'at kita memancing , ada 1 bahan yang harus kita campur di lokasi tempat kita memancing . Yaitu air garam . rasakan kadar garam di lokasi mancing ,misal air pasang otomatis sungai asin kurangi kadar garam dalam umpan . begitu juga sebaliknya pas surut tambah garam. karna ikan belanak akan memakan umpan yg berkadar lebih asin
UMPAN TOMBRO
-Pelet
-Kroto
biasanya dibom dulu biar ngumpul
UMPAN IKAN PATIN
-Umpan Roti roti tawar yang putih dicampur sama pisang yg hampir matang. Roti dan pisang di gilas sampai kalis, kalo masih kurang kalis tambahkan roti tawar dan dikira kira sampai menjadi kalis sesuai selera.
UmpanKue Bikaambon.Ambil bikaambon rasa keju atau durian, digiling atau di bejek bersama bika ambon tadi, kasih air sedikit dan aduk sampai kalis.
Buah Ceri/kersen ambil buah ceri/ kersen yg sudah merah. campur dengan sedikit kinoy atau katulampa. aduk dan uleni.
Tape uli tape uli di ulenin dan anda bisa langsung pake umpan mancing.
Roti yang sudah busuk ( expired ) kulitnya di buang dan di parut halus,secukupnya- esen coya 4 cc- esen buah melon 3 cc- esen seafood 3 cc- esen pandan 3 cc- belut di kukus secukupnya, diambil dagingnya saja.
UMPAN IKAN SEPAT
siapkan mata kail berukuran terkecil, kambangan tunul, dan senar tipis
-Umpan Cacing Pita. yang biasanya dijual di toko ikan untuk makanan ikan beta/ cupang.
UMPAN IKAN KUTUK/GABUS
Ikan GAbus salah satu predator air tawar. Ikan ini memangsa ikan-ikan kecil bahkan anakan dia sendiri pun bisa di makanya. Bukan hanya ikan kecil, gabus juga pemangsa serangga bahkan ikan gabus yang berukuran besar bisa juga makan anak itik. Ikan gabus biasanya tertarik dengan gerakan-gerakan yang terjadi di atas air.
-Umpan precil/katak kecil
umpan ini merupakan umpan favorit ikan gabus bisa menggunakan teknik negek joran panjang kira" 6-7m dengan senar pendek 1 meteran. Kaitkan mata kail dengan precil. lemparkan dan digerak"kan untuk mencuri perhatian ikan.
-Umpan Ulat pisang
umpan ini biasa digunakan untuk teknik ngambang.
-Umpan casting frogy
umpan yang sudah tidak asing lagi didunia castinger . . .istilahe jowo ne kodok"an
kalau masih ada yang ditanyakan komentar aja broo cara mancing lainya klik disini

1 comment: