oke

Monday 9 January 2017

Ikan Aligator ditemukan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta Jawa Barat

 
jakarta - Ikan Aligator ditemukan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta Jawa Barat. Bobot ikan bergigi runcing ini paling besar ukurannya bisa mencapai 60 kilogram.

\\\"Bobotnya bervariasi namun yang terbesar bisa mencapai 40 kg hingga 60 kg,\\\" kata Fayakun Satria, Kepala Balai Penelitian, Pemulihan, dan Konservasi Sumber Daya Ikan di Balitbang Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada detikcom, Jumat (13\/9\/2013).

Fayakun mengatakan, ikan ini diduga
lepas saat dipelihara di jaring apung dalam waduk tersebut. Ikan predator ini menggigiti jaring apung sehingga robek dan terlepas ke dalam waduk tersebut.

Ikan yang moncongnya mirip buaya ini pernah ditemukan di Surabaya, Mojokerto dan juga Bogor. Ikan ini muncul di Sungai Jagir yang melintasi kawasan Medokan Semampir. Saat ditemukan warga, ikan yang memiliki nama latin Lepisus Peusi tu memiliki panjang sekitar 60 cm serta mempunyai 2 pasang sirip di depan dan belakang tubuhnya.

Sirip yang bagian depan bentuknya lebih panjang dan lebar sedangkan sirip di bagian belakang ukurannya lebih kecil. Ikan ini juga mempunyai rahang kokoh seperti rahang karnivora lainnya. Stuktur giginya juga tajam, mirip dengan struktur gigi buaya dan mata yang besar. Selain itu ikan ini juga mempunyai sisik lebar dan keras.
HALAMAN SELANJUTNYA

No comments:

Post a Comment